Saturday, September 22, 2012

Tips Cara Menghindari Kebiasaan Merokok

Healty Tips Article - Merokok merupakan salah satu kebiasaan kaum pria yang terlepaskan lagi. Merokok ibaratkan istri kedua bagi kaum laki-laki. Mengapa demikian? Karena dimana kita bekerja, makan, mandi , bangun tidur, bertemu dengan teman, dan masih banyak aktivitas lainnya yang menjadikan  rokok merupakan teman yang tidak terpisahkan yang ada di kantong kita. 


Merokok sendiri sebenarnya sangat berbahaya jika di konsumsi terlalu banyak dan diserap di tubuh kita. Apalagi jika kebiasaan merokok ini sudah kita lakukan sejak masih muda. Maka sudah dipastikan bahwa ketahanan tubuh kita akan menurun ketika kita beranjak tua. Selain itu merokok juga menyebabkan datangnya penyakit yang sangat berbahaya.

Berikut ini dampak yang di akibatkan oleh rokok 
1. Mudah terserang penyakit seperti penyakit paru-paru, jantung dan penyakit pernafasan lainnya
2. Menyebabkan kemandulan.Rokok mengandung zat kimia yang sering kita dengar yaitu Nikotin. Zat inilah yang menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita jika di konsumsi setiap hari dan masuk di tubuh kita.
3.Menyebabkan bau mulut dan gigi menjadi kuning. Kebiasaan merokok yang tidak terkendali menyebabkan mulut kita menjadi bau dan gigi menjadi berwarna kuning.
4.Ipotensi dan ejakulasi dini. Seorang candu rokok akan terserang penyakit ipotensi dan ejakulasi dini jika kebiasaan merokoknya sangat melampaui batas.
5.Berkurangnya nafsu makan yang menyebabkan terganggunya sistem pencernakan
6. Mudah lelah dan cepat mengantuk.
7. Menyebabkan keuangan kita terganggu.dst

Untuk mengatasi agar kita bisa meninggalkan kebiasaan merokok, saya akan memberikan Tips sehat dan bisa anda lakukan dirumah secara rutin. 
1. Rubahlah pola hidup anda, mulai dari fikiran hingga ke kebiasaan kita sehari hari
2. Kurangilah kebiasaan merokok anda secara bertahap. Misalnya saja dalam sehari anda menghabiskan 2 bungkus dikurangi menjadi 1 bungkus saja. dan seterusnya sampai kebiasaan merokok tersebut menjadi berkurang.
3. Gantilah kebiasaan merokok tersebut dengan makan permen / buah. Usahakan beli permen yang sehat dan tidak mengganggu atau menyebabkan kerusakan pada gigi anda.
4. Seringlah berolahraga setiap hari rutin, pagi dan sore.Usahakan 30 menit per hari.
5. Perbanyaklah minum air putih setiap bangun tidur dan mengurangi minum kopi.
6. Kurangilah kegiatan anda mengumpul atau begadang bersama teman di cafe /di tempat hiburan dan tempat lainnya, karena teman inilah yang menyebabkan kita menjadi perokok kembali
7. Mintalah support / dukungan kepada istri jika anda benar-benar ingin berniat menghilangkan kebiasaan merokok.
8.Perbanyaklah melakukan aktivitas yang selalu melibatkan istri anda. Misalnya :Honeymoon, Rekreasi, mendesain tempat tidur anda agar terlihat rapi dan romantis, memasak di dapur bersama istri, menonton bioskop dan kebiasaan -kebiasaan yang sering anda lakukan pada saat pacaran.

Ingat bahwa Kesehatan adalah Mahal harganya jika di bandingkan dengan sebungkus rokok. Jadi jauhilah kebiasaan merokok dan mulailah belajar untuk hidup lebih sehat bersama keluarga dan orang yang anda cintai di sebelah anda. (wrt.putrapedrosa)

No comments:

Post a Comment